-->

Ppg: Kiprah Aktivitas Berguru 2 Listrik-Magnet Sub Aktivitas Berguru 1 Listrik


Tugas Kegiatan Belajar 2
 
LISTRIK-MAGNET
Sub Kegiatan Belajar 1
LISTRIK
 
TUGAS 

Setelah final membaca materi utama dan penunjang, Selesaikanlah tugastugas berikut untuk membantu wawasan dan pemahaman Anda. Dipersilahkan mencari literatur lain yang relevan.
1.    Identifikasi tumpuan kejadian elektrostatis dalam kehidupan sehari-hari Anda.
-Terjadinya petir atau geledek yang dibahas .sebagai aplikasi dari listrik statis
-mesin foto copy. Tinta(toner)foto copy ialah berbentuk serbuk kertas yang akan jadi copy dokumen dilewatkan pada pemberi muatan dengan muatan yang berlawanan dengan toner sumbangan muatan sesuai dengan dokumen maka toner akan melekat pada kertas alasannya ialah akhir gaya tarik elektrostatis.
-Permukaan layar vertikal televisi sangat berdebu, penempelan debu pada layar vertikal alasannya ialah gaya tarik elektrostatis. Permukaan layar televisi secara terus menerus ditembaki oleh elektron-elektron  akibatnya layar televisi bermuatan negatif. Muatan negatif ini akan mempolarisasi partikel-partikel debu dalam udara di depan beling sehingga partikel-partikel debu akan melekat pada beling layar televisi.
2.    Identifikasi tumpuan kejadian elektrodinamika dalam kehidupan sehari-hari Anda.
Contoh dari fenomena listrik dinamis salah satunya kalau kalian mempunyai mainan mobil-mobilan yang memakai kerikil baterai, rangkaian lampu listrik dan lainnya
3.    Menurut anda, apakah ada perbedaan rangkaian seri pada baterai, dengan rangkaian seri pada lampu? Berikan alasannya?
Sama saja
4.    Rancanglah percobaan rangkaian rangkaian seri pada baterai, dan rangkaian seri pada lampu.
5.    Rancanglah satu acara praktikum perihal listrik dinamis.
A.      Alat dan Bahan
          Alat dan materi yang di gunakan dalam praktikum ini meliputi:
1.        Kabel
2.        Bola lampu kecil (lampu senter) 3 buah
3.        Baterai besar 3 biji
4.        Strerofoam
5.        Plester
6.        Double Tipe
7.        Gunting / Kater

B.      Cara Kerja
1.         Siapkan alat-alat yang digunakan untuk praktikum menciptakan rangkaian seri dan paralel.
2.         Potong gabus menjadi 2 bab dan masing-masing diberi nama rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel.
3.         Ketiga baterai disusun jadi satu di beri penyangga plester biar tidak lepas.
4.         Kabel, lampu dan baterai mulai dirangkai menjadi rangkaian listrik seri.
5.         Kemudian praktikan dengan menyalakan semua lampu.
6.         Lalu salah satu kabel dilepas dari baterai amati apa yang terjadi pada lampu.
7. Selanjutnya kabel, lampu dan baterai mulai dirangkai menjadi rangkaian listrik paralel.
8.Kemudian praktikan dengan menyalakan semua lampu.
9. Lalu salah satu kabel dilepas sampai salah satu lampu mati, kemudian  amati apa yang terjadi pada lampu yang lain.
10. Simpulkan hasil pengamatan.
6.    Rancanglah satu acara praktikum perihal listrik Statis.
A.     Dasar Teori
Listrik statis (electrostatic) membahas muatan listrik yang berada dalam keadaan membisu (statis). Listrik statis sanggup menjelaskan bagaimana sebuah penggaris yang telah digosok-gosokkan ke rambut sanggup menarik potongan-potongan kecil kertas. Gejala tarik menarik antara dua buah benda menyerupai penggaris plastik dan belahan kecil kertas sanggup dijelaskan memakai konsep muatan listrik.
Berdasarkan konsep muatan listrik, ada dua macam muatan listrik, yaitu muatan faktual dan muatan negatif. Muatan listrik timbul alasannya ialah adanya elektron yang sanggup berpindah dari satu benda ke benda yang lain. Benda yang kekurangan elektron dikatakan bermuatan positif, sedangkan benda yang kelebihan elektron dikatakan bermuatan negatif. Elektron merupakan muatan dasar yang memilih sifat listrik suatu benda.
Dua buah benda yang mempunyai muatan sejenis akan saling tolak menolak ketika didekatkan satu sama lain. Adapun dua buah benda dengan muatan yang berbeda (tidak sejenis) akan saling tarik menarik ketika didekatkan satu sama lain. Tarik menarik atau tolak menolak antara dua buah benda bermuatan listrik ialah bentuk dari gaya listrik yang dikenal juga sebagai gaya coulomb.
B.      Alat dan Bahan
1.       Penggaris Plastik                              1  buah
2.       Kain                                                       1  buah
3.       Kertas                                                   secukupnya
4.       Stopwatch                                          1  buah
C.      Cara Kerja
1.       Siapkan alat dan materi yang akan digunakan untuk percobaan
2.       Ambil kertas kemudian potong dengan ukuran kecil – kecil
3.       Lalu letakkan belahan kertas tersebut pada suatu bidang supaya kertas tidak berterbangan kalau tertiup angin
4.       Gosok penggaris dengan kain dengan cara searah dengan perlahan dengan waktu 30 sekon
5.       Lalu dekatkan penggaris yang sudah digosokkan pada kertas yang sudah dipotong kecil – kecil tadi
6.       Amati dan catat perubahan yang terjadi
7.       Lakukan percobaan 4 6 dengan cara mengganti cara menggosok penggaris
8.       Cari cara manakah yang paling effektif semoga petongan kertas sanggup tertarik banyak

7.    Carilah standar isi pembelajaran mata pelajaran IPA di SD. Setelah itu diskusikan bersama rekan sejawat Anda, mengenai hal berikut:
a.    Kajian “Listrik” diajarkan pada kelas berapa, dan terdapat pada Kompetensi Dasar mana saja. Sajikan dalam bentuk tabel.

Tabel.1 Analisis Standar Isi
Topik
Diajarkan di Kelas
Deskripsi isi KD pada Standar Isi
Perbedaan
rangkaian listrik seri dan pararel 
VI
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan menciptakan rangkaian seri dan parallel memakai sumber arus searah.

b.    Setelah Anda temukan KD-KD yang terkait dengan “Listrik”, selanjutnya ialah silahkan Anda buat indikator capaian kompetensi pembelajarannya, sajikan dalam bentuk tabel.
Tabel 2. Pengembangan Indikator Berbasis KD
Kompetensi Dasar
Indikator Capaian Kompetensi
Materi pokok
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan menciptakan rangkaian seri dan parallel memakai sumber arus searah.
3.4.1 Mengidentifikasi banyak sekali sumber listrik
3.4.2 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan banyak sekali variasi.
     4.3.1 Menggambar sketsa rencana rangkaian seri dan parale

1.    Sumber listrik dan rangkaian listrik sederhana dengan banyak sekali variasi.
2.    Gambar sketsa rencana rangkaian seri dan parallel.
3.    Pengertian ekspor dan impor
4.    Unsur-unsur dalam iklan.


c.    Buatlah analisis kebutuhan perihal media, dan metode yang cocok untuk mengajarkan kajian perihal “Listrik”.

Tabel.3. Kebutuhan Media dan Metode Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Capaian Kompetensi
Materi pokok
Metode Pembelajaran yang cocok
Media yang dibutuhkan
3.4 Mengenal rangkaian listrik sederhana dan sifat magnet serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan menciptakan rangkaian seri dan parallel memakai sumber arus searah.
3.4.1 Mengidentifikasi banyak sekali sumber listrik
3.4.2 Menjelaskan rangkaian listrik sederhana dengan banyak sekali variasi.
     4.3.1 Menggambar sketsa rencana rangkaian seri dan parale

1.    Sumber listrik dan rangkaian listrik sederhana dengan banyak sekali variasi.
2.    Gambar sketsa rencana rangkaian seri dan parallel.
3.    Pengertian ekspor dan impor
4.    Unsur-unsur dalam iklan
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Diskusi, Penugasan,
  Experiment
1.      Kardus
2.      3 buah bolam
3.      Kabel 2 meter
4.      3 buah saklar
5.      2 buah batrai
6.      Gunting
7.      Isolasi









Sub Kegiatan Belajar 2
MAGNET

Setelah final membaca materi utama dan penunjang, Selesaikanlah tugastugas berikut untuk membantu wawasan dan pemahaman Anda. Dipersilahkan mencari literatur lain yang relevan.
1.    Jelaskan konsep magnet dalam perspektif Anda sendiri?
suatu benda yang sanggup menarik logam (seperti baja dan besi) dan mempunyai kawasan disekitarnya yang masih dipengaruhi oleh magnet (medan magnet).
2.    Identifikasi tumpuan acara yang memanfaaatkan magnet dalam kehidupan sehari-hari Anda.
1. Mengambil Benda-Benda dari Logam

Benda yang sanggup ditarik besar lengan berkuasa oleh magnet ialah materi yang terbuat dari logam menyerupai besi, baja, dan nikel. Dengan adanya sifat itu, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk mempermudah mengambil benda dari logam. Peralatan tersebut antara lain gunting, obeng, tang, dan alai pengangkut besi tua.

2. Penunjuk Arah

Magnet sanggup digunakan untuk menunjukkan arah alasannya ialah kutub-kutub magnet selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut ialah kompas. Kompas ialah alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga sanggup digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki gunung, dan pilot untuk membantu menunjukkan jalan.

3. Menghasilkan Listrik

Magnet sanggup menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yang memakai magnet untuk menghasilkan listrik ialah dinamo sepeda. Pada dinamo sepeda, magnet menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan lampu sepeda.

4. Merapatkan Dua Benda

Coba perhatikan pintu lemari es. Pintu lemari es sanggup menutup dengan besar lengan berkuasa dan rapat  dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan menciptakan pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kau menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat sanggup menjaga suhu di dalam tetap hambar sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.

5. Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev

Kereta api jenis maglev ialah kereta api modern yang bergerak tidak memakai roda tetapi memakai magnet. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari magnet. Oleh alasannya ialah itu kereta api ini disebut maglev, kependekan dari magnetic levitation yang artinya mengapung di atas magnet.
3.    Rancanglah satu acara praktikum berkenaan dengan magnet.
III.    Alat dan Bahan
          Alat dan materi yang di gunakan dalam praktikum ini meliputi:

1.         Magnet
2.         Penggaris Plastik
3.         Lilin
4.         Jarum Jahit
5.         Kawat Tembaga
6.         Kawat Platina (timah)
7.         Baterai 2 Biji
8.         Bola Lampu Kecil
9.         Isolasi
10.     Serbuk Besi
11.     Gunting
12.     Cutter
13.     HVS (1 Lembar)
14.     Silet
15.     Piring Plastik Kecil
16.     Paku 2-3 cm 2 Biji


IV.              Cara Kerja
1.         Membuat Magnet Sederhana
a)      Siapkan alat dan materi yang diharapkan dalam acara praktikum.
b)    Gosoklah paku dengan magnet searah, 5-10 menit dekatkan dengan jarum/ paku/ silet/ lilin/ kertas/ penggaris plastik. Amati apa yang terjadi!
c)    Tempelkan atau dekatkan paku yang lain dengan magnet, selama 5-10 menit, dekatkan dengan jarum/ paku/ silet/ lilin/ kertas/ penggaris plastik. Amati apa yang terjadi!
d)    Lilitlah paku dengan kawat tembaga serta timah secara bergantian dan sambungkan pada baterai dan bola lampu, dekatkan dengan jarum/ paku/ silet/ lilin/ kertas/ penggaris plastik. Amati apa yang terjadi!
e)  Bandingkanlah ketiga hasil percobaan tersebut, boleh dalam bentuk tabel dan didokumentasikan.
f)         Simpulkan dari hasil kegiatan.

2.         Membuat Kompas Sederhana
a)    Siapkan alat dan materi yang diharapkan dalam acara praktikum berupa piring plastik, air kertas, jarum dan silet.
b)        Isi piring kecil dengan air.
c)        Letakkan silet di atas air dan amati apa yang terjadi.
d)    Letakkan jarum yang dilapisi kertas/ gabus diatas air dan amati apa yang terjadi serta dokumentasikan.
e)       Simpulkan dari hasil kegiatan.

3.         Mengetahui Arah Medan Magnet
a)     Siapkan alat dan materi yang diharapkan dalam acara praktikum berupa kertas HVS, magnet kotak dan serbuk besi.
b)    Letakkan magnet di atas kertas HVS kemudian taburi serbuk besi amati apa yang terjadi dan jangan lupa didokumentasikan.
c)        Simpulkan dari hasil kegiatan
4.    Bagaimana cara memilih kutub magnet?
Gantungkan magnet dengan tali. kutub utara akan mengarah ke utara sementara kutub selatan akan mengarah ke selatan. bila didekatkan, kedua kutub tersebut akan saling tarik menarik sementara bila didekatkan pada kutub yang sama akan saling menolak
5.    Visualisasikan proses pembuatan magnet secara induksi dan elektromagnetik? Sertakan penjelasannya?
induksi

Alat dan Bahan
  1. Satu buah magnet kuat
  2. Satu buah statif
  3. Satu batang besi
  4. Beberapa buah jarum atau paku kecil
Langkah Kerja
  1. Letakkan batang besi pada statif dengan posisi vertikal.
  2. Letakkan beberapa buah jarum yang telah Anda siapkan di bawah batang besi.
  3. Letakkan magnet besar lengan berkuasa di atas batang besi dan jepit dengan statif semoga posisinya tidak berubah-ubah.
  4. Amati jarum yang berada di bawah besi.
  5. Jika jarum tersebut melekat pada batang besi, berarti besi tersebut telah mempunyai sifat kemagnetan.
Elekttro magnetik

Alat dan Bahan

  1. Satu buah paku besi dengan panjang 5 cm
  2. Dua buah baterai segala ukuran (boleh ukuran AAA, AA, C, ataupun D)
  3. Kabel kumparan atau kawat besi
  4. Beberapa buah jarum
  5. Gunting

Langkah Kerja

  1. Lilitkan kabel kumparan pada paku besi.
  2. Kupas kedua ujung kabel kumparan memakai gunting.
  3. Hubungkan kedua ujung kabel dengan kutub faktual dan negatif baterai.
  4. Dekatkan jarum-jarum yang telah disiapkan dengan paku besi yang telah dililit.
  5. Maka paku besi tersebut akan sanggup menarik jarum-jarum yang berada di dekatnya.

6.    Carilah standar isi pembelajaranamata pelajaran IPA di SD. Setelah itu diskusikan bersama rekan sejawat Anda, mengenai hal berikut:

  
Kompetensi Dasar
Indikator Capaian Kompetensi
Materi pokok
a.    Kajian “Magnet” diajarkan pada kelas berapa, dan terdapat pada Kompetensi Dasar mana saja. Sajikan dalam bentuk tabel.

Tabel.1 Analisis Standar Isi
Topik
Diajarkan di Kelas
Deskripsi isi KD pada Standar Isi
Magnet
V
Memahami kekerabatan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya

b.    Setelah Anda temukan KD-KD yang terkait dengan “Magnet”, selanjutnya ialah silahkan Anda buat indikator capaian kompetensi pembelajarannya, sajikan dalam bentuk tabel.

Tabel 2. Pengembangan Indikator Berbasis KD
Memahami kekerabatan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya
Mendeskripsikan kekerabatan antara gaya, gerak dan energi melalui
percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
Magnet

c.    Buatlah analisis kebutuhan perihal media, dan metode yang cocok untuk mengajarkan kajian perihal “Magnet”.

Tabel.3. Kebutuhan Media dan Metode Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator Capaian Kompetensi
Materi pokok
Metode Pembelajaran yang cocok
Media yang dibutuhkan
Mendeskripsikan kekerabatan antara gaya, gerak dan energi melalui
percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
1.    Menyebutkan pengertian Gaya Magnet
2.    Menuliskan bentuk-bentuk magnet
3.    Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan non magnetis
4.    Menyebutkan tumpuan benda-benda magnetis dan non magnetis
5.    Membuat magnet
magnet
Eksperimen, ceramah
Magnet, baterai, kabel, batang besi

d.    Praktikan dalam pembelajaran di Kelas, catat temuan-temuan pentingnya selama pembelajaran.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel