-->

Ppg: Kumpulan Soal Formatif Modul 1 Kb 1 S/D 4 Tematik Pgsd Ppgdaljab

MODUL 1 TEMATIK

FORMATIF KB 1 TEMATIK

1. Ketaatan siswa terhadap nilai-nilai moral dan aturan alasannya ialah menghindari eksekusi dan mengejar hadiah untuk kepentingan sendiri termasuk karakteristik siswa SD berdasarkan . .
b. Pekembangan moral berdasarkan kohlberg

2. Berikut yang merupakan perkembangan motorik siswa SD pada usia 8-10 tahun berdasarkan Santrock ialah . . .
a. Dapat mengunakan tangan secara bebas, mudah, dan sempurna atau dengan kata lain koordinasi motorik halus berkembang

3. Tahap perkembangan kognitif berdasarkan piaget dimana kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika mulai nampak meskipun terkait hal-hal yaang sanggup dibayngkan dan anak mulai menguasai aturan kekekalan kuantitas, panjang dan volume disebu tahap. .
c. Operasional konkret

4. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mengawali pembelajaran dengan menjelaskan manfaat materi materi yang dipelajari, memakai model, metode, media, dan materi didik yang variatif sesuai minat siswa biar mereka tertarik mempelajarinya, serta menawarkan kebanggaan secara verbal maaupun nonverbal merupakan implikasi prinsip pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
c. Prinsip perbedaan individu



5. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan berorientasi kepada keterampilan-keterampilan hidup penerima didik ibarat berfikir kritis, berfikir kreatif, kemandirian, dan keterampilan lainnya yang bermakna bagi penerima didik sehingga pengetahuan yang didapatkannya sanggup diterapkan dalam hidupnya untuk mengatasi masalah-masalah kontekstual yang sedang dihadapinya merupakan kegiatan mencar ilmu yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik yaitu . . .
a. Pembelajaran dengan keterampilan aplikatif

6.Pembelajaran yang dilaksanakan dengan membangun cara pandang penerima didik wacana pentingnya materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan cara pandangnya terhadap hakikat mencar ilmu sehingga mereka memahami dan memandang bahwa mencar ilmu merupakan hidup mereka dan penciri hidup mereka merupakan penerapan salah satu pembelajaran berdasarkan Thorndike yaitu . . .
b.Prinsip persepsi

7.Berdasarkan karakteristik penerima didik SD pada kelas rendah, guru perlu menyiapkan aneka macam kegiatan yang sesuai dengan karateristik penerima didik tersebut. Kegiatan yang tidak sesuai dengan tahapan perkembangan penerima didik SD kelas rendah ialah . . .
c.Guru menawarkan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan kegiatan sendiri secara aktif dengan menawarkan contoh

8.Kemampuan, minat, dan energi tinggi yang dcurahkan siswa terhadap suatu mata pelajaran memperlihatkan . . .
c.Potensi siswa

9.Kemampuan siswa dalam menggambar berdiri ruang dari aneka macam sudut pandang dengan cara membayangkannya termasuk kecerdasan . . .
d.Spasial-visual

10.Pembelajaran yang dilasanakan dengan menawarkan kesempatan kepada penerima didik untuk menemukan pengetahuan sendiri melalu eksplorasi, mencoba, emngumpulkan data, dan kegiatan lainnya sehingga mereka sanggup mencar ilmu wacana bagaimana seharusnya mencar ilmu (learning how to learn) dan sanggup menumbuhkan kemandirian mencar ilmu merupakan akivitas mencar ilmu yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang mendidik, yaitu . . .
a.Peserta didik mencari tahu buka diberi tahu

KB 2 : Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran di SD

MODUL 1 TEMATIK

FORMATIF KB 2 TEMATIK

1. Aliran teori mencar ilmu yang memandang bahwa mencar ilmu merupakan perubahan persepsi dan pemahaman ialah ….
d. Konstruktivisme

2. Aliran teori mencar ilmu yang memberi pemfokusan wacana sikap insan sebagai hasil interaksi faktor dalam diri dan lingkungan ialah ….
a. Behaviorisme

3. Aliran teori mencar ilmu yang paling menonjol diterapkan bu Popi ialah ….
b. Konstruktivisme

4. Belajar sebagai hasil menjiplak kegiatan orang lain merupakan salah satu pernyataan terkait teori mencar ilmu berdasarkan ….
b. Bandura

5. Implementasi fase pembelajaran berdasarkan teori mencar ilmu Piaget dimana siswa aktif menggali pengetahuan dengan cara mengamati struktur materi pembelajaran berupa pengetahuan faktual (fakta yang terdiri dari peristiwa, fenomena, simbol, dan fakta lainnya) merupakan implementasi fase ….
b. Eksplorasi

6. Implementasi dari eksperimen Pavlov pada pembelajaran ialah ….
b. Anak akan mencar ilmu jikalau diberikan motivasi

7. Menurut aliran teori mencar ilmu humanism, tujuan mencar ilmu ialah untuk memanusiakan manusia.sehingga tujuan utama guru ialah ….
b. Membantu siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya

8. Pada ketika siswa mulai mencar ilmu menulis bilangan, guru memfasilitasinya dengan buku siswa yang didalamnya terdapat titik-titik yang membentuk beberapa bilangan. Pada pembelajaran berikutnya, siswa mulai menulis bilangan dibantu oleh guru dengan cara memegangi pensil siswa untuk diarahkan, berikutnya siswa menulis bilangan secara mandiri.
Aktivitas tersebut merupakan penerapan salah satu prinsip pada teori mencar ilmu Skinner, yaitu….
c. Prinsip pembentukan

9. Salah satu fase pembelajaran dengan menerapkan teori Pavlov dengan cara mengurangi bahkan menghilangkan stimulus kondisi secara berangsur-angsur sehingga yang tersisa ialah stimulus utama supaya respon tetap terjadi meskipun tanpa stimulus kondisi disebut fase ….
b. Eliminasi

10. Teori mencar ilmu wacana Zone Of Proximal Development (ZPD) yang amengatakan bahwa perkembangan potensial akan selalu lebih tinggi dan dibandingkan perkembangan positif alasannya ialah imbas dari lingkungan yang dikondisikan dengan baik merupakan teori ….
d. Vygotski

Modul 1 : TEMATIKKB 3 : Kekhasan Bidang Studi dan Implementasi Pendekatan Pembelajaran di SDMODUL 1 TEMATIKFORMATIF KB 3 TEMATIK


1. Srtuktur materi pembelajaran pada mata pelajaran IPA terdiri dari fakta, konsep, prinsip, hokum, dan teori merupakan hakikat IPA sebagai ….
a. Produk ilmiah

2. Model pembelajaran kooperatif yang bersifat kompetitif dan sanggup diterapkan untuk mengatasi dominasi oleh siswa berkemampuan mencar ilmu tinggi ialah ….
d. Time Game Tournament

3. Berikut merupakan model pembelajaran yang diturunkan dari pendekatan kuantum (Quantum Teaching and Learning) ialah ….
c. Model Tandur

4. Langkah-langkah pembelajaran dari awal hingga selesai pembelajaran yang telah dikaji secara ilmiah disebut ….
d. Model pembelajaran

5. Mata pelajaran yang mempelajari wacana kehidupan insan dalam aneka macam dimensi ruang dan waktu serta aneka macam kegiatan kehidupannya sesuai dengan kebutuhan siswa ialah ….
c. Ilmu Pengetahuan Sosial

6. Dalam kiprah kelompok yang diberikan oleh guru, setiap siswa diharapkan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dalam kelompoknya. Hal tersebut menciptakan siswa mencar ilmu bertanggungjawab atas kiprah yang diberikan kepadanya. Proses tersebut merupakan aktualisasi salah satu prinsip pembelajaran kooperatif yaitu prinsip ….
c. Tanggung jawab individu

7. Jika Anda hendak mengajar siswa untk sanggup melaksanakan penyelidikan dengan menyebarkan keterampilan proses IPA dasar, maka model atau metode pembelajaran yang sesuai ialah ….
c. latihan inkuiri

8. Struktur materi didik berupa mekanisme idealnya sanggup disampaikan oleh guru dalam pembelajaran melali metode ….
c. Demonstrasi

9. Dalam pembelajaran tematik terpadu, seorang guru hendak membiasakan siswa untuk berpikir, berkomunikasi, dan menjadi warga negara yang baik dan selalu mentaati aturan yang berlaku di masyarkat. Mata pelajaran yang mungkin sanggup dipadukan dalam pembelajaran tersebut ialah ….
d. Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn

10. Dalam pembelajaran, guru mengajak siswa untuk membandingkan hasil percobaan kelompoknya dengan hasil percobaan kelompok lain. Pada pendekatan saintifik kegiatan ini termasuk pada langkah ….
a. Mengasosiasi

PROFESIONAL
Modul 1 : TEMATIK
KB 4 : Pembelajaran Tematik Terpadu dan Penilaian Autentik Kompetensi Abad 21

1. Menurut Kurikulum 2013 ranah yang paling banyak diajarkan untuk siswa SD ialah …..
B. Sikap

2. Yang merupakan penguatan tata kelola dalam kurikulum 2013 ialah …..
D. Satuan pendidikan dan guru tidak diberikan kewenangan menyusun silabus, tetapi disusun pada tingkat nasional

3. Pendekatan saintifik untuk komponen mengamati dalam pembelajaran tematik ….. 
A. Peserta didik mendengarkan bunyi – bunyi hewan

4. Pembelajaran tepadu yang memakai tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga sanggup menawarkan pengalaman bermakna kepada penerima didik disebut…..
C. Tematik Terpadu

5.  KTSP ialah kurikulum operasional yang disusun, dikembangkan, dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dengan memperhatikan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan BSNP. Tujuan Umum KTSP ialah …..
D. Memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui proteksi kewenangan (otonomi)  kepada forum pendidikan dan mendorong sekolah untuk melaksanakan pengambilan keputusan secara partisipatif dalam pengembangan kurikulum.

6. Model Pembelajaran yang menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui, problem yang diperhadapkan kepada penerima didik semacam problem yang direkayasa oleh guru ialah model….
A. Discovery Learning



7. Pembelajaran yang menyebarkan pengetahuan,  kemampuan berpikir dan keterampilan memakai pengetahuan penerima didik melalui interaksi eksklusif dengan sumber mencar ilmu yang dirancang dalam silabus dan RPP, ialah konsep dari …..
D. Pembelajaran Langsung

8. Dalam perjalanan sejarah semenjak tahun 1945, kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan, Kurikulum yang lahir tahun 2004 disebut juga dengan …..
A. Kurikulum Berbasis Kompetensi / KBK

9. Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan KD Mendeskripsikan perkembangan makhluk hidup ialah …..
C. Siswa menciptakan laporan pengamatan perkembangbiakan tumbuhan

10. Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk menciptakan kategori, mengasosiasi atau menghubungkan fenomena / informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan,  Merupakan kegiatan dalam pendekatan saintifik berupa …..
C. mengasosiasi/mengolah Informasi (associating)

Contoh Soal yang Lain

1. Berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 wacana Standar Penilaian Pendidikan, penilaian hasil mencar ilmu dilakukan oleh pendidik bertujuan untuk ....
memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil mencar ilmu penerima didik secara berkesinambungan

2. Berikut yang merupakan kegiatan mencar ilmu siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang memfasilitasi berkembangnya untuk kecakapan era 21 dan berpikir tingkat tinggi pada fase mengamati ialah ...
Memfasilitasi siswa untuk menemukan fokus, ilham pokok, pesan, dan makna dari fenomena alam atau teks.

3. Dalam pembelajaran di Kelas V SD Indonesia Berkarya dengan tema hidup rukun, guru menjabarkan menjadi subtema, yaitu kawasan hidup, fungsi, dan manfaat hidup rukun. Siswa dibagi menjadi lima kelompok. Setiap kelompok "menyelidiki" satu subtema dalam rentang waktu sekitar 30 menit. Setiap siswa diberi kebebasan untuk mencari sumber-sumber mencar ilmu yang diperlukan. Masing-masing kelompok menciptakan laporan dan memresentasikannya di depan kelas. Dalam pembelajaran tersebut, prinsip pembelajaran tematik yang belum nampak ialah ....
pemberian umpan balik

4. Keinginan untuk mencari tahu melalui proses analisis berpikir sistemik dan penilaian terhadap suatu keadaan untuk menciptakan keputusan melalui ide, bukti, alasan, dan informasi dalam upaya menuntaskan problem merupakan merupakan definisi salah satu kompetensi era 21, yaitu ....
Berpikir kreatif

5. Keterpaduan materi pembelajaran dalam pembelajaran tematik terpadu sanggup dilakukan dalam satu mata pelajaran dari beberapa mata pelajaran yang terkait pada tema pembelajaran dengan mengaitkan beberapa konsep yang saling berhubungan. Model pembelajaran terpadu yang sesuai dengan keadaan di atas ialah model ....
connected

6. Langkah-langkah perencanaan pembelajaran tematik terpadu yang harus dilaksanakan oleh guru pada kurikulum 2013 ialah ….
menganalisis buku guru dan buku siswa, melaksanakan analisis materi pembelajaran, memetakan KD, memetakan IPK, menyebarkan materi ajar, dan menyusun RPP

7. Pembelajaran tematik terpadu bersifat luwes. Guru sanggup mengaitkan materi dari satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya, bahkan mengaitkannya dengan keadaan lingkungan di mana sekolah dan siswa berada. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pembelajaran tematik terpadu, yaitu ....
fleksibel

8. Pengertian kompetensi dasar berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 ialah ....
kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai penerima didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti

9. Salah satu alat penilaian sikap ialah penilaian diri (self assesment), kegiatan yang dilakukan ialah ….
meminta penerima didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi

10. Seorang guru kelas II SD akan menilai laporan hasil identifikasi benda-benda yang dikenal siswa dan kegunaannya melalui pengamatan. Guru tersebut perlu menyusun kriteria kunci untuk menilai laporan siswa, banyaknya siswa ialah 50 orang. Manakah kriteria kunci yang memperlihatkan siswa telah mencapai apa yang diharapkan?
Ketepatan penulisan nama benda dan kegunaannya dan kerapian tulisan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel