-->

Ppg: Wow... Nasa Menemukan Ini Di Bawah Es Greenland



NASA telah menemukan kawah meteorit besar di bawah es Greenland. Lebar kawah tersebut lebih dari 36 km (22 mil) dan terkubur di bawah 2 km (1,2 mil) es di barat bahari Greenland.

NASA telah menemukan yang diyakini sebagai kawah tubrukan yang sangat besar dari hantaman meteorit yang tersembunyi di bawah es Greenland.

"Semakin jarang menemukan kawah tumbukan besar gres di Bumi, apalagi kawah ibarat itu terkubur di bawah es," kata tubuh antariksa AS.

Namun dalam sebuah penelitian gres yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters itulah yang diyakini para ilmuwan NASA telah mereka lakukan.

Dengan memakai data satelit dan pengukuran radar yang diambil oleh pesawat, mereka telah memetakan sebuah kawah lebih dari 36 km (22 mil) lebar dan terkubur di bawah 2 km (1,2 mil) es di barat bahari Greenland.


Itu berjarak hanya 183km (114 mil) dari kawah yang gres ditemukan di barat bahari Greenland, kawah Hiawatha - yang berukuran 31km (19 mil) yang mungkin semuda 12.000 tahun.

Kawah gres ini dapat saja menjadi kawah terbesar ke-22 di Bumi, dengan yang terbesar yaitu kawah Vredefort di Afrika Selatan, yang berukuran lebih dari 300 km saat terbentuk.

Kawah Vredefort diyakini berusia lebih dari dua miliar tahun, dengan Bumi diperkirakan lebih dari 4,5 miliar tahun.

Kawah terbesar berikutnya, kawah Chicxulub di bawah Semenanjung Yucatan di Meksiko, jauh lebih muda dan sekitar setengah lebarnya, berukuran 150 km dan berumur 66 juta tahun.


Namun, kawah Chicxulub diyakini sebagai lokasi imbas meteor yang menyebabkan kepunahan massal tiga perempat kehidupan di Bumi - termasuk dinosaurus.

Para peneliti harus memilih apakah potensi kawah gres itu terkait dengan kawah tumbukan Hiawatha.

Meski berukuran sama, kawah kedua tampak lebih terkikis, berdasarkan tim.


Terikat dengan ini, es di atas situs imbas jauh lebih sedikit terganggu daripada es di atas kawah benturan Hiawatha.

Menurut analisis statistik para ilmuwan NASA, frekuensi dua imbas besar yang tidak terkait tetapi berdekatan mengatakan bahwa itu mustahil tetapi bukan mustahil bahwa pasangan ini tidak terkait.

Namun apa hubungan itu belum dapat ditetapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel