-->

Ppg: Soal Tes Sumatif Modul 5 M5: Taktik Pembelajaran 30 Soal Ppgdaljab

Tes Sumatif M5 : Strategi Pembelajaran (Skor 93)

1. 28 Bahan asuh yang berkualitas harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, akurat, mutakhir, dengan komponen yang komprehensip. Artinya materi asuh telah memenuhi kriteria….
a. Penyajian
b. Unsur pelengkap
c. Konten
d. Ilustrasi
e. Komponen lengkap


2. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lengkap sesuai Permendikbud RI No 22 tahun 2016 ialah ...
a. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
b. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
c. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, Kompetensi inti, tujuan pembelajaran, Kompetensi Dasar, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indicator, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, seni manajemen pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
e. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci balasan tes



3. Kurikulum 2013 memberi aksentuasi pada pendekatan student center learning. Definisi media berikut yang sesuai untuk mengimplementasikan adalah….
a. Sarana fisik untuk memberikan isi / materi pembelajaran
b. Teknologi hardware pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memberikan materi
c. Teknologi yang sanggup mentransformasi pesan sehingga akseptor didik berminat dan menarik mengikuti pembelajaran yang berfariasi
d. Segala sesuatu yang sanggup menyalurkan pesan dari komunikator ke komunikan, sehingga bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
e. Teknologi dan bukan teknologi pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

4. Dengan rumus hokum Pascal siswa bisa menghitung tekanan (P), merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan….
a. Mengevaluasi
b. Menganalisis
c. Mencipta
d. Menerapkan
e. Memahami

5. Pada sintak model Problem Based Learning (PBL) langkah berbagi dan menyajikan hasil karya merupakan langkah atau tahap ke …..
a. Kelima
b. Ketiga
c. Keempat
d. Kedua
e. Pertama

6. Salah satu dampak Instruksional pada model pembelajaran simulasi, yaitu ...
a. sensitifitas pada hubungan alasannya dan pengaruh
b. kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
c. responsif pada umpan balik
d. lebih memahami permasalah kontektual
e. kemandirian sebagai siswa meningkat

7. Peserta didik sanggup berguru lebih baik pada dikala : kata – kata gambar dan video yang relevan disajikan secara simultan (bebarengan). Desain tampilan multimedia tersebut merupakan penerapan prinsip …..
a. Modalitas belajar
b. Prinsip kesinambungan waktu
c. Koherensi
d. Kesinambungan spasial
e. Redunansi

8. Kemp dan Dayton (1985) menjelaskan ada tiga fungsi utama media pembelajaran yaitu….
a. Mengkongkritkan konsep, mentransfer pengetahuan, dan meningkatkan hasil belajar
b. Sumber belajar, alat bantu pembelajaran, dan memperlihatkan kode pembelajaran
c. Menyajikan materi ajar, alat bantu pembelajaran, dan sumber belajar
d. Memotivasi, menyajikan materi ajar, dan memperlihatkan kode pembelajaran
e. Meningkatkan perhatian siswa, merangsang pemikiran, dan memotivasi siswa

9. Bahan -  materi atau materi pelajaran yang disusun secara sistematis yang dipakai oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dikenal sebagai …..
a. Bahan diktat kajian
b. Bahan ajar
c. Materi suplemen pembelajaran
d. Suplemen bidang pelajaran
e. Buku pegangan berguru siswa

10. Terdapat banyak model pembelajaran kooperatif lebih dari 50 tipe. Namun gres beberapa yang biasa diterapkan di satuan pendidikan formal. Model pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan cocok untuk guru pemula ialah …..
a. JIGSAW
b. Teams Games Tournament (TGT)
c. Group Investigation (GI)
d. STAD
e. Team Assisted Individualization (TAI)

11. Brown dkk menyatakan bahwa dalam menentukan media perlu mempertimbangkan kriteria sebagai berikut …..
a. Interaktivitas
b. Ketersediaan sumber listrik
c. Karakteristik siswa
d. Tujuan pembelajaran
e. Kemampuan guru dalam menggunakan

12. Strategi pembelajaran “Tutorial” di unit pendidikan tingkat menengah memerlukan media yang mendudkung. Menurut saudara media pembelajaran yang relevan adalah….
a. Media cetak terprogram
b. Media presentasi yang baik
c. Media model pembelajaran yang terprogram
d. Multimedia tutorial
e. Media untuk cek tutorial

13. Langkah – langkah (sintak) model scientific yang baku mencakup …..
a. Mengamati lingkungan belajar, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan membuat laporan
b. Mengamati, menanya, membuat hipotesis, menegosiasikan dan menyusun laporan penelitian
c. Mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
d. Mengidentifikasi masalah, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
e. Mengidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menyusun laporan

14. Pengalaman berguru pribadi (Learning by Doing) merupakan proses berguru empiric yang akan siswa ingat secara kuat. Bapak agus menentukan metode pembelajaran yang relevan yaitu …..
a. Metode eksperimen
b. Metode drill and practice
c. Metode diskusi
d. Metode role playing
e. Metode berbasis masalah



15. Modul merupaka materi asuh yang khas mempunyai struktur …..
a. Nyata dan jelas
b. Instruksional dan realistis
c. Lengkap dan menyeluruh
d. Sistematis dan utuh
e. Instruksional dan menyeluruh

16. Implementasi kurikulum 2013 ditingkat satuan pendidikan model pembelajaran yang layak dirujuk dalam RPP ialah ….
a. Teacher Centred Learning Model
b. Direct Learning Models
c. Problem Based Learning Model
d. Contekstual Teaching Learning (CTL)
e. Model Demonstrasi

17. Salah satu tahap (sintak) dalam model pembelajaran Simulasi (Joyce Weil dan Calhoun 2009) ialah latihan partisipasi. Kegiatan yang termasuk dalam tahap Latihan partisipasi tersebut ialah ….
a. Menganalisis proses
b. Memimpin aktifitas permainan dan manajemen permainan
c. Membuat scenario dan tujuan
d. Menyajikan topik luas mengenai simulasi dan konsep dalam kegiatan simulasi
e. Memimpin aktifitas permainan dan menganalisis proses

18. Ragam Bahasa yang dipakai dalam materi asuh yang efektif adalah….
a. Ragam Bahasa resmi dan baku
b. Ragam adonan antara tempat dan Bahasa Indonesia
c. Ragam komunikatif atau semi formal
d. Ragam Bahasa formal
e. Ragam Bahasa interaktif

19. Bahan asuh yang baik harus disusun secara sistematis. Bahan asuh yang sistematis artinya materi asuh tersebut dikembangkan…..
a. Penuh dengan ilustrasi dan gambar
b. Dengan sumbangan banyak tumpuan literature
c. Menurut urutan buku teks
d. Menurut aksara dengan Bahasa ragam ilmiah
e. Secara runtut dan memuat komponen ajar

20. Pendekatan saintifik merupakan bab dari pendekatan pedagogis dalam kegiatan pembelajaran yang melandasi penerapan metode ilmiah. Pembelajaran secara umum dilaksanakan melalui kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pada pendekatan saintifik kegiatan pendahuluan diarahkan untuk….
a. Mengkonstruksi pengetahuan perilaku serta keterampilannya
b. Memantapkan pemahaman akseptor didik wacana tujuan dan pentingnya materi yang akan disampaikan
c. Belajar materi secara lengkap
d. Melakukan validasi temuan materi yang telah dipelajari
e. Melakukan kegiatan berguru dengan metode ilmiah

21. Guru sanggup membuat hand-out sebagai materi asuh untuk para siswanya lantaran materi asuh hand-out mempunyai manfaat yang besar yaitu…..
a. Menjadi ilustrasi yang bermanfaat bagi kejelasan materi
b. Menggantikan absensi guru
c. Membetulkan konsep – konsep yang salah dalam penjelasan
d. Melengkapi kekurangan materi yang disampaikan
e. Untuk memperlihatkan materi pengayaan atau remedial

22. Dalam pembelajaran keterampilan tipe prosedur, media pembelajaran berikut yang mempunyai relevan tinggi diimplementasikan adalah…..
a. Computer Assisted Instruction
b. Multimedia interaktif
c. Program  Video Instruksional
d. Media Gambar Berseri
e. Program Slide Suara

23. Sebagai satu kesatuan kemampuan yang utuh, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk ……
a. Tiga tujuan pembelajaran
b. Satu pokok bahasan
c. Satu kompetensi inti
d. Dua indicator
e. Satu kompetensi dasar

24. Dalam pembelajaran yang berbasis Student Center Learning, berikut ini yang termasuk empat jenis sumber berguru ialah ….
a. Guru, Instruktur, Job Sheet dan Buku Panduan Praktikum
b. Guru, Media Wallchart, buku, Lingkungan belajar
c. Media pembelajaran Mock-Up, guru, buku paket pelajaran dan LKPD
d. Kepala Sekolah, Guru, Guru BK dan Instruktur
e. Media pembelajaran, Buku, alat peraga dan Peralatan Praktik

25. Pengertian multimedia pembelajaran berdasarkan Gayestik (1996) ialah ….
a. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
b. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna
c. System komunikasi interaktif berbasis computer yang bisa menciptakan, menyimpan, menyajikan dan mengakses kembali informasi berupa teks, grafik, suara, video atau animasi
d. Suatu jadwal terpadu berbasis computer untuk pemecahan problem belajar
e. Karakteristik tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi, dan video yang diorganisasi dalam suatu jadwal yang terintegrasi

26. Dengan disediakan penggaris bujur sangkar, siswa kelas V SD membagi sudut 60 derajat menjadi empat sudut yang sama. rumusan tujuan pembelajaran tersebut kurang komponen….
a. Audience
b. Behavior dan Degree
c. Kondisi (Condition)
d. Degree
e. Kondisi dan Tingkatan (degree)


27. Prinsip – prinsip pembelajaran yang merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah...
a. Pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa semua orang ialah guru
b. Pembelajaran sanggup diimplementasikan kapan saja dimana saja dan dengan siapa saja
c. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
d. Dari akseptor didik mencari tahu menuju akseptor didik diberi tahu
e. Partisipasi aktif akseptor didik dan berpusat pada akseptor didik

28. Di era informasi ini kiprah materi bagi siswa juga luar biasa. Peran materi asuh tersebut bagi para siswa antara lain adalah….
a. Mendukung pengerjaan tugas
b. Memudahkan siswa dalam mencari sumber
c. Siswa menjadi lebih terarah dalam berguru siswa
d. Menghemat waktu dan tenaga untuk belajar
e. Proses memahami materi lebih cepat dan mudah

29. Karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang relevan dengan implementasi kurikulum 2013 adalah……
a. Pengembangan ketiga ranah secara parsial dan focus model scientific
b. Pengembangan ketiga ranah secara utuh dan pendekatan student centered learning
c. Pengembangan ranah kognitif secara utuh dan pendekatan student centered learning
d. Pengembangan ranah kognitif, afektif, psikomotor secara berkesinambungan dan focus model pembelajaran inquiry
e. Pembelajaran tematik dan focus model pembelajaran berbasis masalah

30. Ibu Novi, guru mata pelajaran kimia akan memeragakan proses kimia Sel Vota. Menurut saudara, metode pembelajaran paling cocok dipilih ialah …..
a. Metode ceramah
b. Metode praktikum
c. Metode simulasi
d. Metode diskusi

e. Metode demonstrasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel