Ppg: Kumpulan Soal Pedagogik Ukmppg Ppgdaljab
Download Kumpulan Soal Pedagogik PPG Part 1
PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan penerima didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah.....
A. ilham B. budaya C. ilham D. pengasuhan dan lingkungan
3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun B. 2 -- 7 tahun C. 7 -- 11/12 tahun D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yakni sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
SOAL KOMPETENSI PEDAGOGIK
6. Seorang penerima bisa mengendalikan diri dengan baik dalam banyak sekali situasi dan bisa sanggup menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan bisa memposisikan diri di lingkungan dengan baik. Peserta didik tersebut mempunyai kecerdasan…
A. Moral B. spiritual C. Sosial emosional D. Kognitif
7. Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional B. kognitif C. moral D. spritual
SOAL PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8. Peserta didik telah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian menetapkan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...
a. pikiran sehat pascakonvensional b. pikiran sehat konvensional c. pikiran sehat prakonvensional d. pikiran sehat interkonvensional
9. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
a. Prakonvensional b. Konvensional c. Pascakonvensional d. Interkonvensional
SOAL KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan kegiatan informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan B. mengaktualisasikan diri C. penciptaan kekerabatan yang baik D. menformulasikan tindakan
11. Tindakan yang paling sempurna dilakukan pada dikala siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali materi yang diajarkan
B. Memberikan kiprah semoga siswa mempelajari materi yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
12. Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada dikala ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ....
A. kesulitan akademis B. gangguan simbolik C. gangguan nonsimbolik D. gangguan sosial
13. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa semoga sanggup memecahkan problem pribadinya B. Menbantu siswa semoga sanggup melaksanakan pembiasaan diri dengan lingkungannya C. Membantu siswa semoga sanggup mengatasi kesulitan berguru D. Membantu siswa semoga memperoleh informasi tertentu
14. Cara yang yang paling cepat dan akurat yang dipakai untuk mengidentifikasi kesulitan berguru penerima didik yang bersumber dari faktor sosial yakni …
A. sosiometri B. angket C. wawancara D. brainstorming
15. Bila anda sebagai guru menemukan penerima didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk penerima didik ke meja yang paling depan B. Mengulangi klarifikasi materi bimbing kepada seluruh penerima didik C. Memberikan pinjaman berguru kepada penerima didik yang bersangkutan D. Menugaskan seluruh penerima didik membaca buku sumber
16. Peserta didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk sahabat daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan berguru yang bersumber dari faktor ...
A. keluarga B. sosial C. kondisi fisik D. intelektual
SOAL TEORI BELAJAR
17. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan kekerabatan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering kekerabatan (bond) antara rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah kekerabatan keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme B. Humanistik C. Sibernetik D. Kontruktivisme
18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, menunjukan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik B. Humannistik C. Behaviorisme D. Konstruktivisme
19. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yakni sebagai fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini yakni ….
A. Humanistik B. Konstruktivisme C. kognitivisme D. Nativisme
20. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup berguru setiap dikala dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya yakni kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ….
A. Sibernetik B. Konstruktivisme C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
21. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan usang yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yakni teori belajar…
A. Behaviorisme B. Konstruktivisme C. Kognitivisme D. Sibernatik
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus B. RPP C. Silabus dan RPP D. SKL
23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya yakni sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan berguru untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada penerima didik C. RPP bersumber dari silabus D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk setiap KD yang sanggup dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Dijabarkan dari....
A. Silabus untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus untuk mengarahkan kegiatan berguru penerima didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yakni sebagai berikut ...... 1) Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah 2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah 3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif penerima didik
C. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik K
D. Keterkaitan dan keterpaduan
Download Kumpulan Soal PPG Pedagogik Part 2
51. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat langsung atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah...
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
52. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah...
A. acara mencari informasi
B. acara desktop publishing
C. acara untuk menjelajahi laman
D. acara penciptaan laman
53. Seorang guru yang akan mencari informasi perihal suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com
54. Saat kita akan informasi perihal suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com
55. Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C. Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word
56. Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
57. Tools pembelajaran daring/ online cukup banyak dan mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes selesai pembelajaran. Fitur moodle ini adalah...
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
58. Dalam pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah...
A. Penulis konten (content writer)
B. Penata grafis (design grafis)
C. perancang pembelajaran (course design)
D. pemrogram komputer (computer programmer).
59. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan serpihan dari model pembelajaran...
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
60. Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar memberikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa semoga mau membuatkan kreativitasnya . Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan serpihan dari model pembelajaran....
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
61. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan memakai problem sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing penerima didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
62. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
63. Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu menyodorkan sebuah gosip kasatmata dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut.
Kegiatan yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. Problem based learning
C. Discovery learning
D. Inquiry learning
64. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, Bu Nuraini meminta penerima didik terlebih dahulu untuk mengobservasi suatu fenomena. Kemudian penerima didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu, penerima didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam memecahkan problem yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan penerima didik untuk bertanya, menunjukan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka.
Kegiatan yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran
A. inquiry learning
B. problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
65. Pak Kandi bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan semoga penerima didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai hukum main, acara pendukung, alat dan materi yang sanggup diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian planning kegiatan kolaboratif tadi.
Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip model ....
A. Problem solving learning
B. Problem based learning
C. Project based learning
D. Discovery learning
66. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar yakni ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
67. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based
Learning, urutan langkah yang sempurna yakni ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
68. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berikut ini.
1) Orientasi siswa pada masalah
2) Mengorganisasi siswa dalam belajar
3) Membimbing penyelidikan siswa secara berdikari atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....
A. discovery Learning
B. Project Based Learning
C. problem solving learning
D. problem based learning
SOAL PENILAIAN
69. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM yakni rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk
memilih KKM dibutuhkan faktor-faktor....
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
70. Fungsi KKM yakni sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai contoh penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata
pelajaran
B. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
C. sanggup dipakai sebagai serpihan dari komponen dalam melaksanakan penilaian program
pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode
kualitatif atau kuantitatif.
71. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam....
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
72. Untuk memilih tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil berguru siswa
B. Menambah materi pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti acara tindak lanjut
D. Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan acara tindak lanjut
73. Instrumen yang diguanakan untuk menilai sikap siswa dalam proses pembelajaranadalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
74. Bila Anda sebagai guru menemukan penerima didik mendapat hasil berguru yang rendah,
tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan daerah duduk penerima didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi klarifikasi materi bimbing kepada seluruh penerima didik
C. Memberikan pinjaman berguru kepada penerima didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh penerima didik membaca buku sumber
75. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru penerima didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
76. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil berguru penerima didik yakni penilaian harus terpadu
artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan serpihan yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang terperinci perihal kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek
kompetensi
77. Instrumen penilaian hasil berguru yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang
digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan selesai semester
78. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan
oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai penerima didik
C. Nilai maksimal yang dicapai penerima didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
79. Untuk mengetahui prestasi berguru yang dicapai oleh semua penerima didik pada satu rombongan
berguru sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
80. Standar penilaian pendidikan merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil berguru penerima didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
81. Penilaian yakni penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar.
Penilaian sanggup berupa hasil berguru penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan
penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan
kekerabatan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian....
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
82. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak dalam kegiatan pembelajaran, apa yang
Anda lakukan?
A. Membuat laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B. Menyampaikan laporan ke atasannya
C. Menyusun planning tindak lanjut
D. Menyusun laporan hasil pemantauan
83. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal
tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan pemanis materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B. memperlihatkan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memperlihatkan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan
soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi
84. Dasar rancangan acara remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan berguru ....
A. proses pengajaran remedial intinya yakni proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial yakni peningkatan kecerdasan siswa
D. seni administrasi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
85. Salah satu prinsip merancang acara remidial bagi penerima didik tampak dalam kegiatan guru
....
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan
hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan
rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi
86. Upaya guru memakai hasil analisis untuk memilih ketuntasan berguru antara lain
sebagai berikut....
A. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
C. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan pengajaran remidi
87. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ....
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan
baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat
kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
88. Penilaian hasil berguru siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam
proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
SOAL PENDEKATAN PENILAIAN
89. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang diperoleh siswa dengan
membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan, sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh,
dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk
memilih batas kelulusan itu telah ditetapkan dinamakan ....
A. penilaian contoh patokan
B. penilaian contoh norma
C. penilaian tuntas
D. penilaian berkelanjutan
90. Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor
yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang
dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status
individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah....
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian contoh patokan
D. penilaian contoh norma
91. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
contoh kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada
kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar
yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada
pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian contoh patokan
d. Penilaian contoh norma
SOAL TUJUAN, FUNGSI, DAN PRINSIP PENILAIAN
92. Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik telah menguasai suatu kompetensi,
merupakan...
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
93. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam
pembelajaran remidial dan acara pengayaan merupakan....
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
94. Fungsi penilaian yang sempurna yakni ...
A. alat meningkatkan prestasi penerima didik
B. alat untuk menemukan gaya berguru penerima didik
C. membantu penerima didik memahami materi pembelajaran
D. sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan perihal kemajuan
perkembangan penerima didik.
95. Assesment hasil berguru penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut,
kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
96. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal
tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
97. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang...
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
98. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang...
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
99. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil belajar
penerima didik, kecuali....
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. memakai contoh kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan acara remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jikalau ternyata alhasil banyak yang jelek
SOAL PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
100.Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk berguru sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya berguru masing-masing. Pembelajaran remedial harus
mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
101. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran perihal memahami teks anekdot ternyata
alhasil tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga
mengikuti acara remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti
acara pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan
cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa
102. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan pemanis materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B. memperlihatkan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memperlihatkan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal
yang mempunyai kesulitan tinggi
103. Dasar rancangan acara remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah
ketuntasan berguru ....
A. proses pengajaran remedial intinya yakni proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial yakni peningkatan kecerdasan siswa
D. seni administrasi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
104.Salah satu prinsip merancang acara remidial bagi penerima didik tampak dalam kegiatan guru
....
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil
temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang
ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi
SOAL PTK
105.Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-
kegiatan. Salah satu kegiatan itu yakni pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
106.Mengetahui proses tindakan, efek tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan
dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau
mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ....
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
107.Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini
sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian
lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud yakni ....
A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
108.Rumusan problem dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan
problem PTK?
A. Apakah efek permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri
2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan
melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan
nasional?
D. Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
109.Dalam Penelitian tindakan kelas, problem yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. harapan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru
110.Di bawah ini yakni prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi
Arikunto, kecuali....
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
111.Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal....
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
112.Peran guru dalam PTK yakni sebagai...
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
113.Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali....
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
114.Tujuan PTK adalah...
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
115.Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan...
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
116.Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi serpihan dari PTK
khususnya pada bagian....
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
117.Persiapan awal dalam PTK adalah...
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana
118.Proposal penelitian dalam PTK adalah....
A. Usulan untuk mendapat dana penelitian
B. Uraian perihal komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
119.Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali...
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
SOAL REFLEKSI PEMBELAJARAN
120.Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran yakni melaksanakan refleksi. Refleksi ini
tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya
refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam
menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin
komunikasi positif dengan penerima pendidik.
121. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran yakni melaksanakan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yakni ....
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil berguru penerima didik
B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil berguru yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk membuatkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
122. Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan
pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip,
diantaranya yakni ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di selesai pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga selesai pembelajaran
123.Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa
prinsip, di antaranya yakni ....
A. Penilaian dilaksanakan di selesai pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
124.Untuk mengetahui keberhasilan berguru penerima didik, baik selama maupun sehabis penerima didik
mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik
dalam berhubungan atau wawancara perihal kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik
selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan memberikan
klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yakni ...
A. Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan semoga efektif?
C. Apakah kompetensi awal penerima didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa penerima didik kita memperlihatkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran
yang kita lakukan
125. Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan konsep refleksi pembelajaran
adalah... ...
A. Refleksi merupakan kegiatan analisis-sintesis, interpretasi, dan eksplanasi terhadap Semua
informasi yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran.
B. Refleksi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kembali apakah
pembelajaran yang dilaksanakan telah sesuai dengan yang kita rencanakan.
C. Refleksi dibutuhkan untuk memperoleh citra tingkat keberhasilan rencana
pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksnaan Pembelajaran.
D. Refleksi yakni sebuah proses memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan
berdasarkan data yang telah dianalisis dan diinterpretasikan.
KUNCI JAWABAN ADA DI FILE DOWNLOAD