Ppg: Kumpulan Soal Dan Tanggapan Tes Formatif Modul 5 Ppgdaljab
Kumpulan Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 5 PPGDALJAB
1. Ketika akan memakai suatu model pembelajaran guru perlu mempertimbangkan hasil mencar ilmu apa yang sanggup dicapai oleh siswa sebagai akhir dari model pembelajaran yang dipakai tersebut. Hal ini berarti bahwa guru tersebut telah memahami karakteristik model pembelajaran aspek ….
a. Dampak instruksional dan pengiring
b. Prinsip agresi dan reaksi
c. System social dan lingkungan
d. Sarana dan prasarana
e. System pendukung dan fasilitas
2. Karakteristik yang paling menonjol yang dimiliki oleh suatu model pembelajaran disbanding pendekatan pembelajaran ialah bahwa model pembelajaran itu…..
a. Menjelaskan daya tarik pembelajaran
b. Memberi jaminan mutu pembelajaran
c. Mempunyai sintak atau tahapan pembelajaran
d. Menyatakan tujuan pembelajaran
e. Menjamin hasil pembelajaran
3. Salah satu dampak pengiring dari penggunaanmodel pembelajaran simulasi, ialah ...
a. sensitifitas pada kekerabatan alasannya dan pengaruh
b. kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
c. responsif pada umpan balik
d. lebih memahami permasalah kontektual
e. kemandirian sebagai siswa meningkat
4. Ada banyak model pembelajaran yang sanggup dipakai dalam mengimplementasikan pendekatan sainfitik, Satu diantaranya ialah model pembelajaran kooperative (cooperative learning). Pembelajaran Kooperatif adalah...
a. strategi pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja masing-masing
b. strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis di mana siswa berhubungan dalam kelompok-kelompok kecil
c. strategi pembelajaran yang mengintegrasikan metode, materi ajar, dan media pembelajaran secara sistematis
d. strategi pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan sanggup berfungsi sebagai watu loncatan dalam penyelidikan
e. strategi pembelajaran yang melibatkan sikap koreksi diri
5. Langkah – Langkah Umum Model Pembelajaran Kooperatif Secara Urutadalah ...
a. orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
b. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
c. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
d. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
e. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
6. Pembelajaran Berbasis Masalah atau Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dilandasi paham konstruktivistik yang mengakomodasi keterlibatan siswa dalam mencar ilmu dan pemecahan problem otentik. Karakteristik problem yang dipakai pada model problem based learning ialah ...
a. otentik dan bermakna
b. luas dan detail
c. tematik, dan kompleks
d. kompleks dan lengkap
e. abstrak dan menyeluruh
7. Peranan guru dalam pembelajaran denganmodel problem based learning ialah sebagai ...
a. penentu
b. pelatih
c. pembimbing
d. pelaksana
e. sumber belajar
8. Model pembelajaran project based cooperative learning model pembelajaran yang dianggap menarik lantaran mempunyai format instruksional yang inovatif dimana akseptor didik sanggup menentukan banyak sekali aspek tugas. Model project based cooperative learning merupakan model campuran yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan ...
a. masalah
b. kelompok
c. kooperatif
d. proyek
e. penugasan
9. Proses penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh ..
a. guru dan siswa
b. teman sebaya
c. siswa
d. guru
e. kepala sekolah
10. Pelaksanaan model simulasi intinya dipakai untuk membuatkan pemahaman terhadap suatu insiden yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik biar kegiatan lebih bermakna bagi siswa. Dalam model pembelajaran simulasi, kiprah yang tidak dimainkan oleh guru ialah ...
a. menjadi penengah
b. mendiskusikan
c. melatih
d. mendemonstrasikan
e. pemeran simulasi
Tes Formatif M5 KB2: Media Pembelajaran (Skor 100)
1. Konsep Kemp dan Dayton (1985), manfaat media pembelajaran ialah ...
a. Meningkatkan profesionalisme guru
b. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
c. Penyampaian materi bimbing lebih mudah
d. Lebih efisien biaya produksi
e. Lebih menghemat tenaga dan waktu dalam proses pembelajaran
2. Pak Aton, guru seni musik di Sekolah Menengah Pertama akan menerapkan taktik mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya tangan jari tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. jenis media apa yang relevan dipilih oleh Pak Anton ...
a. Media cetak, LKPD yang menjelaskan mekanisme keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick
b. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick
c. Demonstrasi dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick
d. Program presentasi, yang menjelaskan mekanisme bermain gitar teknik Holding Pick
e. Program siaran eksklusif TV edukasi perihal teknik Holding Pick
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kumunikasi pembelajaran ialah ...
a. Komunikator, komunikan, materi ajar, pesan, dan taktik penyampaian
b. Guru, siswa, materi, metode penyampaian, dan media pembelajaran
c. Komunikator, komunikan, materi ajar, taktik penyampaian, dan tujuan pembelajaran
d. Siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, taktik penyampaian, dan media pembelajaran
e. Komunikator, guru, materi, taktik penyampaian, dan media pembelajaran
4. Fungsi media pembelajaran ialah ...
a. Meningkatkan komunikasi multiarah antara siswa, lingkungan, dan materi ajar
b. Meningkatkan hasil mencar ilmu siswa
c. Menggantikan kiprah guru dalam pembelajaran teori maupun praktik
d. Sebagai alat bantu pembelajaran
e. Memperjelas penyajian pesan biar tidak bersifat verbalistis
5. Seorang guru Sekolah Menengah Pertama kebingungan dalam menentukan media pembelajaran yang relevan. Menurut Sdr. kriteria lebih banyak didominasi yang paling menentukan dalam pemilihan media pembelajaran ...
a. Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
b. Biaya produksi media yang murah
c. Kemampuan dan huruf guru
d. Ketersediaan sumber di sekolah
e. Kesesuaian dengan Model atau taktik pembelajaran
6. Media pembelajaran berikut yang mempunyai relevan tinggi untuk mengajarkan keterampilan mekanisme ialah ...
a. Modul pembelajaran
b. Program video instruksional
c. Media gambar berseri
d. Media grafis terstruktur
e. Program slide suara
7. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasikan pendekatan student center learning ialah ...
a. Teknologi pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar, suara, video dan animasi.
b. Segala sesuatu yang sanggup menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses belajar
c. Sarana fisik untuk memberikan isi/materi pembelajaran
d. Teknologi pembawa pesan yang sanggup dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
e. Teknologi yang sanggup mentransformasi pesan, sehingga akseptor didik berminat, dan menarik mengkuti pembelajaran yang bervariasi
8. Dalam pembelajaran, berikut ini yang termasuk empat ragam sumber mencar ilmu ialah ...
a. Alat peraga, guru, buku paket pelajaran, dan LKPD
b. Guru, media pembelajaran, buku, lingkungan belajar
c. Guru, instruktur, job sheet, dan bengkel
d. Kepala sekolah, guru, guru BK, dan instruktur
e. Instruktur, buku, job sheet, dan peralatan praktik
9. Desain tampilan multimedia kata-kata, gambar, dan video yang disajikan saling berdekatan dalam satu slide, merupakan penerapan prinsip ...
a. Modalitas belajar
b. Kesinambungan spasial
c. Redunansi
d. Kesinambungan waktu
e. Koherensi
10. Pengertian multimedia pembelajaran berdasarkan Hackbart (1996) ialah ...
a. Menggabungkan media teks, video, grafis, suara, animasi dan interaktif secara terintegrasi
b. Penggabungan media pembelajaran analog dan digital untuk menyajikan tampilan yang efisien, efektif dan berdayaguna
c. Mengintegrasikan dua atau lebih media dalam pembelajaran
d. Karakterisasi tampilan unsur teks, gambar, suara, animasi dan video yang diorganisasi dalam suatu kegiatan yang terintegrasi
e. Suatu kegiatan pembelajaran yang meliputi banyak sekali sumber yang terintegrasi banyak sekali unsur-unsur media dalam suatu kegiatan (software) komputer
Tes Formatif M5 KB3: Pengembangan Bahan Ajar (Skor 100)
1. Bahan bimbing non cetak yang bertujuan biar siswa bisa mencar ilmu berdikari dan bersikap lengkap yang menyajikan per unit terkecil dari materi berbentuk digital disebut….
a. Buku elektronik
b. Buku teks non cetak
c. Buku lembar kerja elektronik
d. Modul digital / elektronik
e. Modul kinerja guru.
2. Tujuan penyampaian tujuan pembelajaran dalam materi bimbing cetak dibagian pendahuluan adalah...
a. Agar siswa sanggup memahami kemampuan yang harus dikuasai sehabis belajar
b. Penyampaian materi tidak terganggu oleh hadirnya tujuan pembelajaran
c. Agar soal – soal penilaian segera sanggup ditulis oleh guru
d. Karena tujuan pembelajaran tidak terlalu penting bagi siswa dan guru
e. Karena guru merupakan satu – satunya sumber belajar
le="white-space: pre;"> Bahan bimbing memegang peranan penting bagi guru, satu diantaranya adalah….
a. Menjadi materi sarana komunikasi pembelajaran
b. Menambah pengetahuan perihal materi
c. Menjadi sumber ilmu pengetahuan guru
d. Memberikan pegangan dikala bertugas mengajar
e. Meningkatkan efektifitas pembelajaran
4. Berikut manakah materi bimbing non cetak yang paling sempurna biasanya dipakai untuk pembelajaran jarak jauh adalah….
a. E-modul
b. E-comerce
c. E-book
d. E-Pub
e. E-learning
5. Ketika akan membuatkan materi bimbing berdikari untuk siswa, guru harus memenuhi salah satu prinsip atau karakteristik materi bimbing berdikari yang baik yaitu self-contained. Makna dari prinsip self-contained tersebut ialah bahwa ….
a. Bahan bimbing tersebut telah lengkap dan memadai sehingga siswa tidak perlu materi lain untuk memahami materi yang harus dikuasai
b. Bahan bimbing tersebut disusun sesuai dengan konteks dimana siswa berada
c. Bahan bimbing itu sanggup mengajar atau dipelajari sendiri oleh akseptor didik bahkan tanpa pinjaman guru
d. Bahan bimbing tersebut gampang dipakai komunikatif dan gampang ditemukan siswa
e. Bahan bimbing yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman
6. Bahan pembelajaran cetak Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan materi bimbing yang sederhana, komponennya didominasi oleh
a. Penugasan
b. Analisis kompetensi
c. Paparan materi
d. Soal-soal, latihan dan tes kemampuan
e. Soal-soal dan latihan
7. Berikut Bahan bimbing cetak sederhana yang sanggup dipakai untuk materi rujukan, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai hasil mencar ilmu adalah
a. Buku Teks
b. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
c. Modul
d. Lembar Kerja Siswa (LKS)
e. Handout
8. Bahan bimbing noncetak (digital) merupakan penemuan gres dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dalam mendorong banyak sekali forum pendidikan kita untuk memanfaatkan materi bimbing noncetak yang menarik. Berikut ini manakah materi bimbing noncetak yang 100% kembangkan memakai komputer
a. Video Pembelajaran
b. Program simulasi
c. Program Radio Edukasi
d. Multimedia Pembelajaran Interaktif
e. Audio Pembelajaran
9. Untuk sekolah di tempat yang sulitatau belum bisa mengakses internet lantaran belum teraliri listrik dan keterbatasan fasilitas penunjang lainnya, materi bimbing non cetak yang efektif dipakai untuk menunjang proses pendidikan di sekolah adalah….
a. PowerPoint Presentation (PPT)
b. Modul Elektronik/Buku Sekolah Elektronik
c. Program Radio Pendidikan
d. Program Video Pembelajaran
e. Ebook
10. Langkah pertama dalam membuatkan kegiatan Audio pembelajaran adalah…
a. Menulis naskah kegiatan audio
b. Mengemas produk kegiatan audio
c. judgement expert
d. dubbing
e. shooting
1. Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah ialah ...
a. Pengembangan ranah kognitif secara utuh, dan pendekatan student centred learning
b. Pengembangan ketiga ranah secara berkesimbungan, dan fokus model pembelajaran inqury
c. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
d. Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred learning
e. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific
2. Sintaks model scientific meliputi ...
a. mengamati, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
b. Membaca data, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menciptakan laporan
c. mengamati, menanya, menciptakan hipotesis, menegosiasikan, dan menyusun laporan penelitian
d. mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
e. menidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menyusun laporan
3. Dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 menjelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliputi sekurang-kurangnya ...
a. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
b. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
c. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, taktik pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
e. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci tanggapan tes
4. Pernyataan berikut yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran (Permendikbud RI No 22 tahun 2016) ialah ...
a. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
b. Pembelajaran yang bukan menerapkan prinsip bahwa siapa saja ialah guru
c. Partisipasi aktif akseptor didik dan berpusat pada akseptor didik
d. Dari akseptor didik mencari tahu menuju akseptor didik diberi tahu
e. Pembelajaran sanggup diimplementasikan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk satu ...
a. Satu hingga dua pertemuan
b. Satu kompetensi inti
c. Dua indikator
d. Satu kompetensi dasar
e. Tiga tujuan pembelajaran
6. Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan ...
a. Model Demonstrasi
b. Mix centred learning models
c. Contekstual Teaching Learning (CTL)
d. Problem Based Learning Model
e. Teacher centred learning model
7. Dengan rumus pythagoras, siswa bisa menghitung sisi miring bangkit siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan ...
a. Menerapkan
b. Menganalisis
c. Mengingat
d. Mencipta
e. Memahami
8. Dengan disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melaksanakan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ...
a. Kondisi
b. Behavior dan Degree
c. Kondisi dan tingkatan (degree)
d. Audience
e. Degree
9. Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih ialah ...
a. Metode praktikum
b. Metode demonstrasi
c. Metode diskusi
d. Metode drill and practice
e. Metode eksperimen
10. Bapak Agus menyadari bahwa mencar ilmu yang baik ialah memperlihatkan pengalaman eksklusif pada siswa. Bapak Agus menentukan metode pembelajaran relevan adalah..
a. Metode eksperimen
b. Metode praktikum demonstrasi
c. Metode diskusi
d. Metode simulasi
e. Metode role playing
a. Menjadi materi sarana komunikasi pembelajaran
b. Menambah pengetahuan perihal materi
c. Menjadi sumber ilmu pengetahuan guru
d. Memberikan pegangan dikala bertugas mengajar
e. Meningkatkan efektifitas pembelajaran
4. Berikut manakah materi bimbing non cetak yang paling sempurna biasanya dipakai untuk pembelajaran jarak jauh adalah….
a. E-modul
b. E-comerce
c. E-book
d. E-Pub
e. E-learning
5. Ketika akan membuatkan materi bimbing berdikari untuk siswa, guru harus memenuhi salah satu prinsip atau karakteristik materi bimbing berdikari yang baik yaitu self-contained. Makna dari prinsip self-contained tersebut ialah bahwa ….
a. Bahan bimbing tersebut telah lengkap dan memadai sehingga siswa tidak perlu materi lain untuk memahami materi yang harus dikuasai
b. Bahan bimbing tersebut disusun sesuai dengan konteks dimana siswa berada
c. Bahan bimbing itu sanggup mengajar atau dipelajari sendiri oleh akseptor didik bahkan tanpa pinjaman guru
d. Bahan bimbing tersebut gampang dipakai komunikatif dan gampang ditemukan siswa
e. Bahan bimbing yang dikembangkan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan jaman
6. Bahan pembelajaran cetak Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan materi bimbing yang sederhana, komponennya didominasi oleh
a. Penugasan
b. Analisis kompetensi
c. Paparan materi
d. Soal-soal, latihan dan tes kemampuan
e. Soal-soal dan latihan
7. Berikut Bahan bimbing cetak sederhana yang sanggup dipakai untuk materi rujukan, memberi motivasi, pengingat, memberi umpan balik, dan menilai hasil mencar ilmu adalah
a. Buku Teks
b. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
c. Modul
d. Lembar Kerja Siswa (LKS)
e. Handout
8. Bahan bimbing noncetak (digital) merupakan penemuan gres dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat dalam mendorong banyak sekali forum pendidikan kita untuk memanfaatkan materi bimbing noncetak yang menarik. Berikut ini manakah materi bimbing noncetak yang 100% kembangkan memakai komputer
a. Video Pembelajaran
b. Program simulasi
c. Program Radio Edukasi
d. Multimedia Pembelajaran Interaktif
e. Audio Pembelajaran
9. Untuk sekolah di tempat yang sulitatau belum bisa mengakses internet lantaran belum teraliri listrik dan keterbatasan fasilitas penunjang lainnya, materi bimbing non cetak yang efektif dipakai untuk menunjang proses pendidikan di sekolah adalah….
a. PowerPoint Presentation (PPT)
b. Modul Elektronik/Buku Sekolah Elektronik
c. Program Radio Pendidikan
d. Program Video Pembelajaran
e. Ebook
10. Langkah pertama dalam membuatkan kegiatan Audio pembelajaran adalah…
a. Menulis naskah kegiatan audio
b. Mengemas produk kegiatan audio
c. judgement expert
d. dubbing
e. shooting
Tes Formatif M5 KB4: Perencanaan Pembelajaran (Skor 100)
1. Merujuk Permendikbud RI No 22 tahun 2016, karakteristik pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah ialah ...a. Pengembangan ranah kognitif secara utuh, dan pendekatan student centred learning
b. Pengembangan ketiga ranah secara berkesimbungan, dan fokus model pembelajaran inqury
c. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model pembelajaran berbasis masalah
d. Pengembangan ketiga ranah secara utuh, dan pendekatan student centred learning
e. Pengembangan ketiga ranah secara parsial, dan fokus model scientific
2. Sintaks model scientific meliputi ...
a. mengamati, menanya, mendiskusikan, menegosiasikan, dan mengkomunikasikan
b. Membaca data, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menciptakan laporan
c. mengamati, menanya, menciptakan hipotesis, menegosiasikan, dan menyusun laporan penelitian
d. mengobservasi, menanya, mengumpulkan, menalar, dan mengkomunikasikan
e. menidentifikasi masalah, menanya, mengumpulkan, menegosiasikan, dan menyusun laporan
3. Dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 menjelaskan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliputi sekurang-kurangnya ...
a. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
b. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
c. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
d. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, taktik pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
e. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci tanggapan tes
4. Pernyataan berikut yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran (Permendikbud RI No 22 tahun 2016) ialah ...
a. Dari pembelajaran berbasis kompetensi menuju pembelajaran berbasis konten dan tematik
b. Pembelajaran yang bukan menerapkan prinsip bahwa siapa saja ialah guru
c. Partisipasi aktif akseptor didik dan berpusat pada akseptor didik
d. Dari akseptor didik mencari tahu menuju akseptor didik diberi tahu
e. Pembelajaran sanggup diimplementasikan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja
5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disusun untuk satu ...
a. Satu hingga dua pertemuan
b. Satu kompetensi inti
c. Dua indikator
d. Satu kompetensi dasar
e. Tiga tujuan pembelajaran
6. Dalam kurikulum 2013, model pembelajaran yang layak dikembangkan dalam RPP mengimplementasikan ...
a. Model Demonstrasi
b. Mix centred learning models
c. Contekstual Teaching Learning (CTL)
d. Problem Based Learning Model
e. Teacher centred learning model
7. Dengan rumus pythagoras, siswa bisa menghitung sisi miring bangkit siku-siku, merupakan rumusan kompetensi kognitif pada tingkatan ...
a. Menerapkan
b. Menganalisis
c. Mengingat
d. Mencipta
e. Memahami
8. Dengan disediakan dua magnet dan paku, siswa klas V SD melaksanakan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Rumusan tujuan pembelajaran tersebut, kurang komponen ...
a. Kondisi
b. Behavior dan Degree
c. Kondisi dan tingkatan (degree)
d. Audience
e. Degree
9. Seorang Guru mata pelajaran kimia hendak memeragakan proses kimia Sel Volta. Metode yang relevan untuk dipilih ialah ...
a. Metode praktikum
b. Metode demonstrasi
c. Metode diskusi
d. Metode drill and practice
e. Metode eksperimen
10. Bapak Agus menyadari bahwa mencar ilmu yang baik ialah memperlihatkan pengalaman eksklusif pada siswa. Bapak Agus menentukan metode pembelajaran relevan adalah..
a. Metode eksperimen
b. Metode praktikum demonstrasi
c. Metode diskusi
d. Metode simulasi
e. Metode role playing